Berita Walikota Metro hadiri Penutupan Sekolah Lapang Budidaya & Pembibitan Bawang Merah

Walikota Metro hadiri Penutupan Sekolah Lapang Budidaya & Pembibitan Bawang Merah




Kegiatan Sekolah Lapang (SL) Budidaya & Pembibitan Bawang Merah ditutup langsung oleh Walikota Metro, Bpk. H.dr.Wahdi S.pOG (K) pada hari Kamis tanggal 24 November 2022,bertempat di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara. Turut hadir dalam kegiatan ini,Wakil Ketua II DPRD Kota Metro, Bpk. Basuki, S.Pd, M.Pd, Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan Setda Kota Metro, Bpk. Ir. Yeri Ehwan, MT, Camat Metro Utara, Lurah Karangrejo, Babinsa Kelurahan Karangrejo, Penyuluh Pertanian seKota Metro, Kelompok Wanita Tani & tokoh masyarakat setempat. Sumber dana penyelenggaraan Kegiatan SL Budidaya & Pembibitan Bawang Merah berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) TA. 2022, yang mana tujuan diberikannya dana ini adalah dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi masyarakat sebagai dampak adanya wabah CoVid 19 & salah satuanya melalui upaya pengendalian inflasi daerah.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, 2 (dua) komoditas bahan pangan pokok yang selalu menjadi pemicu/penyumbang inflasi,bukan hanya di Kota Metro namun juga di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, yakni Cabai & Bawang Merah. Hal ini berdasarkan data hasil survey yang dilakukan pada setiap bulannya oleh Badan Pusat Statistik.

Untuk itulah,Pemerintah Kota Metro melalui Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian & Perikanan Kota Metro melaksanakan Kegiatan SL Budidaya & Pembibitan Bawang Merah. Kegiatan ini selain bertujuan dalam rangka upaya mendukung Pemerintah Kota Metro dalam pengendalian inflasi di Kota Metro,juga dalam rangka upaya meningkatkan SDM Petani dalam budidaya & pembibitan Bawang Merah. Lebih lanjut, dengan kegiatan ini juga, kedepan diharapkan Kota Metro dapat menjadi sentra Bawang Merah yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan petani, karena Bawang Merah merupakan komoditas bahan pangan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Kota Metro sampai dengan saat ini belum dapat menghasilkan bibit Bawang Merah yang baik. Melalui kegian SL ini, dimana peserta pelatihan diajarkan cara budidaya agar dapat menghasilkan Bawang Merah,baik untuk konsumsi maupun untuk bibit.

Kegiatan SL dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan, mulai dari tanggal 10 & ditutup pada tanggal 24 November 2022, diikuti oleh Kelompok Tani Subur Satu Sejahtera Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara sebanyak 25 orang, yang diikuti dengan sangat bersemangat & antusias sekali oleh peserta SL.

Dangka menunjang Kegiatan SL ini, diberikan bantuan untuk bahan praktek berupa bibit Bawang Merah Label Unggu berasal dari Brebes sebanyak 250 Kg yang akan ditanam pada lahan percontohan yang telah dipersiapkan sebanyak 0.25 ha dan bantuan/hibah bahan bangunan/gudang rumah bibit & cultivator.

Kegiatan SL Budidaya & Pembibitan ini ditutup dengan penanaman Bawang Merah pada hari ini. Selain Tanam Bawang, pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari Pemerintah secara simbolis kepada kelompok tani & kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kota Metro. Mengakhiri Kegiatan Tanam Bawang pada hari, dilakukan penyampaian pesan & kesan dari peserta SL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post