Bertempat di Wisata Alam Capit Urang, Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, pada hari Rabu, 28 Agustus 2019, Bidang Penyuluhan Pertanian menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Rutin PPL dan POPT dengan materi Outbound yang berisikan  leadership, team work, team building dan achievement motivation. Peserta kegiatan ini sekitar 40 orang terdiri dari Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan, POPT Kota Metro dan staf Bidang Penyuluhan. Kegiatan berlangsung selama satu hari dan  dipandu oleh fasilitator dari Balai Pelatihan Pertanian Lampung, yaitu Ibu Lelly Suryati, SP, M.Si dan Bapak Adi Destriadi Sutisna, SP, MP.

Kegiatan outbound dibuka langsung oleh Bapak Hery Wiratno, S.P. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro. Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengharapkan melalui pelaksanaan outbond ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan korsa penyuluh, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penyuluh dalam melakukan penyuluhan di tingkat lapang.

Selaku fasilitator, Ibu Lelly Suryati menyampaikan bahwa outbound bukan hanya bermakna kegiatan dengan memanfaatkan sarana diluar ruang, tetapi juga bermakna Out of Boundaries atau “Keluar dari kebiasaan” dimana peserta diajak untuk berpikir luar biasa dan membuat inovasi baru.

Dalam rangkaian kegiatan outbound tersebut, peserta diajak untuk mengikuti aktivitas permainan yang melibatkan interaksi seluruh peserta, menghilangkan segala batasan antara pejabat struktural maupun penyuluh, sehingga dapat saling bekerjasama dalam kesatuan visi. Manfaat yang diperoleh dari outbond melalui aktivitas permainan yang dilaksanakan antara lain, meningkatkan keterampilan komunikasi, membuat perencanaan dengan mempertimbangkan resiko hingga mengasah kemampuan peserta, mengeluarkan segala potensi yang ada baik internal maupun eksternal. Yang tidak kalah penting adalah kerjasama sebagaisuatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan dalam membentuk tim yang solid/kompak serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan sikap sportif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *