Sebanyak 23 orang Penyuluh Pertanian Lapang dari Dinas Pertanian Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu dibawa oleh Bapak Iwan dari Balai Pelatihan Pertanian Lampung,  pada hari Rabu, 4 September 2019 berkunjung ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Metro Utara dalam rangka  studi banding Manajemen BP. Rombongan dari Kabupaten Kaur tersebut didampingi oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Kaur,Ibu Linda Miranda Hadi Daulay, ST beserta Kasi Metode dan Informasi  Bidang Penyuluhan, Bapak Purnawirawan, SP.  Turut hadir mendampingi rombongan, Kepala UPTD Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian, Ibu Wiji Sulasmi, SP, Kasi Kelembagaan Penyuluhan, Kasi Ketenagaan Penyuluh DKP3 Kota Metro, Bapak/Ibu KJF, serta rekan-rekan PPL Metro Utara.

Sebagaimana diungkapkan Bapak Iwan dari BPP Lampung, BPP Metro Utara dipilih sebagai lokasi studi banding dikarenakan selain memiliki struktur manajemen yang baik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku mengenai pengelolaan Balai Penyuluhan Pertanian,  juga memiliki keunggulan dari keanekaragaman komoditas yang diusahakan para petaninya, mulai dari padi, palawija, hortikultura yang selalu diusahakan setiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Ibu Linda Miranda Hadi Daulay, ST mengungkapkan tata cara pengelolaan BPP Metro Utara akan menjadi pembanding cara pengelolaan di kabupaten Kaur yang masih belum maksimal. “Personil BPP kami masih kurang bila di bandingkan dengan wilayah kerja yang sangat luas, sehingga perlu penataan yang lebih tepat dengan melakukan studi banding ke BPP lain yang sudah lebih maju. Hal ini selaras dalam upaya mendukung program-program yang telah dicanangkan oleh Kementrian Pertanian menuju swasembada pangan yang berkelanjutan”.

Dalam kesempatan yang sama Basirun Nasir selaku Koordinator Penyuluh sekaligus Kepala BPP Metro Utara merasa bangga BPP Metro Utara mendapat kunjungan tamu dari luar provinsi.” Selamat datang dan terimakasih telah mau memilih BPP kami sebagai lokasi studi banding, semoga apa-apa yang ada di BPP Metro Utara dapat ikut andil dalam meningkatkan kemajuan BPP di Kabupaten Kaur”.

Selesai  berkunjung di  BPP Metro Utara, para rombongan studi banding diajak  untuk melihat lokasi Agrowisata Sayuran Organik dan lokasi tanaman Bawang Merah di Kelurahan Karangrejo. (Roni Afriansyah, A.Md)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *