“Terima kasih dan rasa bangga saya sampaikan kepada Bapak/Ibu anggota Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani di Kota Metro yang telah menunjukkan semangatnya dalam mendukung UPSUS Pajale. Semangat Bapak/Ibu dalam membudidayakan tanaman padi dengan baik akan berdampak pada peningkatan produksi padi di Kota Metro dan ikut menyumbang produksi pada nasional, sehingga cita-cita kita untuk berswasembada beras dapat dicapai.” Demikian antara lain dikatakan oleh Kolonel (inf) S. Marzuki yang memimpin rombongan Tim Sergab Mabes TNI AD, saat memberikan sambutan dalam acara Panen Raya Padi Sawah di Wilayah Kodim 0411/Lampung Tengah. Acara berlangsung di hamparan Kelompok Tani Yosomakmur I Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur pada hari Kamis, 19 April 2018 kemarin.

Lebih lanjut, Kolonel Marzuki menyampaikan agar semangat itu tidak boleh turun dan harus tetap terus dijaga untuk bekerja keras bersama-sama, bersatu antara pemerintah, masyarakat bahkan tentara juga turun demi terwujudnya swasembada pangan sampai kapanpun sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden.

Dalam acara ini juga dilakukan panen bersama Tim Sergab Mabes TNI AD, Pasi Binwanwil Korem 043/Garuda Hitam, Dandim 0411/Lampung Tengah dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro. Adapun hasil ubinan yang dilakukan pada saat itu menunjukkan, produksi padi varietas IR 64 sebesar  9,15 ton dan varietas Trisakti sebesar 8,9 ton per hektar

Sementara itu, dalam wawancara dengan Ibu Lusia Parjiem, SP selaku kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro, pada Musim Tanam I tahun 2018 ini Luas Tanam Padi Kota Metro adalah  seluas 2.984 ha. Dari luasan tersebut, dengan pola tanam 2 kali tanam padi per tahun dan produksi minimal 5,4 ton per hektar saja, produksi beras akan surplus untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di Kota Metro sehingga optimis, Kota Metro dapat mendukung swasembada pangan nasional khususnya beras. (hermansag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *