Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tahun 2019 yang bertemakan “Our Action are Our Future, Healthy Diets,  #Zero Hunger World, Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” diperingati Dinas  Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (KP3) Kota Metro secara meriah  pada hari Rabu (18/09/19)  di halaman kantor dinas. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada pada peringatan tersebut antara lain Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Begizi, Seimbang dan Aman), Lomba Masakan  Serba Ikan dan Bazar Pangan Olahan  Produk Hasil Pertanian.

Acara dibuka secara resmi oleh Walikota Metro. Dalam sambutanya, Wali Kota Metro mengucapkan selamat atas terselenggaranya peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 Tingkat Kota Metro. “Dengan harapan kegiatan ini dapat memotivasi semua stake holder terkait untuk terus memajukan dunia pertanian, sehingga tercapai ketahanan pangan di Kota Metro,” ujarnya. Lebih lanjut, terkait ketahanan pangan di Kota Metro, dengan produksi beras yang dihasilkan petani Metro sebanyak 18.000 ton per tahun  yang dikonsumsi sebanyak 15.000 ton masih surplus sekitar 5.000 ton. Untuk menjaga ketahanan pangan, Walikota menganjurkan agar Dinas KP3 terus berupaya meningkatkan produktivitas tanaman padi petani dari sekitar 5 – 6 ton per hektar menjadi 7 – 8 ton per hektar. “Di samping itu, mari kita upayakan terus meningkatkan konsumsi pangan selain beras seperti jagung, ubi, ketela dan lainnya sehingga tidak melulu tergantung pada beras sebagai sumber makanan pokok.”

Dalam laporannya Kepala Dinas KP3, Hery Wiratno SP, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan dan memperkuat kerjasama serta membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional. 

Pada peringatan HPS ke 39 Tingkat Kota Metro, yang pelaksanaannya bersaman dengan Bazar Produk Olahan Pangan Hasil Pertanian, Lomba Cipta Menu B2SA  dan Lomba Masakan Serba Ikan. Tim Penggerak PKK Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur berhasil menjadi Juara I, Lomba Cipta Menu B2SA.  Selanjutnya TP PKK Keluraan Yosorejo akan mewakili Kota Metro pada lomba di tingkat Provinsi Lampung pada bulan Oktober mendatang.  Untuk Lomba Masakan  Serba Ikan DWP Unsur Pelaksana Dinas Tenaga Kerja da Transmigrasi berhasil meraih juara I, dan akan mewakili Kota Metro pada Lomba  yang sama di tingkat Provinsi Lampung pada tahun 2020 (winart )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *