Sebagai pengurus Kelompok Tani (poktan), saat ini semua dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan dan meningkatkan profesionalisme sebagai Pengurus Poktan dapat meningkatkan kemampuan Poktan dalam menjalankan fungsinya yaitu sebagai (1) Kelas Belajar (2) Wahana Kerjasama dan (3) Unit produksi.  Di samping itu, sesuai dengan adanya Undang – undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, membawa konsekuensi bahwa setiap lembaga penerima manfaat (bantuan) yang bersumber dari APBD harus lembaga yang sudah berbadan hukum atau terdaftar sebagai sebuah lembaga pada Kementerian Hukum dan HAM.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada hari Rabu, 26 juni 2019 diselenggarakan kegisatan Sosialisasi Badan Hukum kelompok tani di aula Dinas KP3 Kota Metro. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas KP3, Bapak Hery Wiratno, SP dengan narasumber Notaris Darmawan Wijaya, SH, MKn dan Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian.

Mengawali kegiatan tersebut, dalam sambutannya Kepala Dinas KP3 mengemukakan bahwa dan kegiatan tersebut  dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu Kelompok Tani dalam memperoleh status kelompoknya menjadi Kelompok Tani yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sehingga Kelompok Tani dapat mengakses permodalan baik dari pemerintah,bank maupun pihak swasta yang sifatnya Bantuan maupun kredit  sehingga Kelompok Tani mampu mengembangkan usaha tani yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan sesuai amanah undang – undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan pemberdayaan Petani.

Dalam pemaparannya, Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian, Ag. Herman Susilo, SSi, MTA menyampaikan kepada sekitar 50 perserta yang terrdiri dari para pengurus poktan, KWT, dan kelompok lumbung pangan seKota Metro bahwa pengembangan Kelompok Tani diarahkan pada pemberdayaan dan penguatan kelompok tani menjadi Kelembagaan Petani yang kuat dan mandiri, peningkatan kemampuan anggota dalam pengembangan agribisnis, dan peningkatan kemampuan dalam menjalankan fungsinya sebagai kelas belajar, wahana kerja sama dan unit produksi. (hermansag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *